Minggu, 03 Januari 2010

Wayang Suket dan "BANK CENTURY"

                                                                     magelang, desa tegalrejo 18 Des 2009
SURAN TEGALREJO




Wayang suket sebuah pagelaran budaya tradisional.
Jarang banget ada remaja se-usia gw suka sama ni pertunjukan, biasanya kalo anak-anak muda sekarang tuh.. dibilang "yuk kita nonton wayang..!" pasti mereka bakal bilang " kaya bapak gw lo...!!" tapi ini juga pertama kalinya gw melihat sebuah pagelaran wayang suket secara langsung. Wayang suket sendiri konon sudah amat jarang, jadi beruntung juga gw bisa dapet ni acara di pelosok daerah.


Awal nya saya bertanya "Apa sih wayang suket??","apa bakalan boring semalem suntuk?" tapi ya namanya aja wayang suket pasti wayangnya terbuat dari suket (*jerami). Unik,Nyentrik!.
Sang Dalang Ki Slamet Gundono sendiri saya sudah amat "nyentrik" dengan berat badannya dan pakaian yg dikenakan. Topi Wajan adalah suatu konsep seniman eksentrik.
Tertarik, itu yg pertama gw rasain. Tema yg diangkat pun seputar politik tanah air yg semua orang pasti mengerti "BANK CENTURY". Siapa yg ga tau masalah itu?? semua orang juga pasti tau, mulai anak-anak sampe ibu-ibu rumpi juga 'ngeh'.
Nyeleneh. Itu gaya penyampaiannya. Banyak iring-iringan gamelan dan uku lele gaya ki Slamet.
Dia tetep 'pede' dengan berat badannya untuk menari ala petinju mau naek ring. Bahkan gaya ondel-ondel pun masuk. "BEBAS-LEPAS" itu penyajian wayang suket Ki Slamet Gundono.


Tawa lepas suasana malam di desa tegalrejo pun membahana.. karna si dalang juga ga main sendiri dia banyak menginterkasikan para penonton untuk sekedar naik panggung atau joged diatas panggung.
Gak kerasa tau-tau udah tengah malem aja.. eh kita harus balik ke penginapan karna besok mau bertemu sunrise di puncak bukit stumbu...






Tidak ada komentar:

Posting Komentar